Ciri-Ciri Sapi Yang Sehat Dan Baik



Ciri-ciri sapi yang baik, tidaklah sulit untuk menentukan seekor anak sapi sehat dan baik asalkan kita memahami beberapa tanda-tanda dasar kesehatan hewan khususnya ternak ruminansia. Sapi sehat belum tentu baik untuk dipelihara, tapi sapi yang baik sudah pasti sehat. Kenapa demikian? Sebab dalam usaha ternak kita harus memperhitungkan untung dan rugi, misalnya seekor pedet yang sehat namun keturunan jenis pesisir yang relatif ukuran badannya kecil, maka dalam hitung untung rugi pedet sehat tersebut kurang baik untuk dipelihara.

Dasar-dasar kesehatan ternak menyebutkan beberapa poin tentang tanda-tanda sapi yang sehat, diantaranya: Sempurna secara fisik, gerakan lincah dan respon aktif terhadap bunyi dan gerakan benda, bulu bersih dan tidak berdiri. Dan dalam ilmu usaha ternak dijelaskan bahwa ternak yang baik untuk dipelihara adalah bakalan ternak yang memiliki kecepatan pertumbuhan yang cepat, kalau untuk sapi dikategorikan pertumbuhannya cepat bila pertambahan berat badan harian diatas 0,7 Kg per hari.
contoh sanak sapi yang sehat

Ciri sapi yang baik dilihat dari sempurnanya bentuk tubuh, yang perlu diperhatikan disini adalah organ terluar, pedet dikatakan sempurna bila lengkap semua anggota badan dan tumbuh secara normal, normalnya anggota badan setiap ternak memiliki perisi simetris untuk anggota badan berpasangan seperti; kedua kaki depan tumbuh secara simetris begitu juga dengan kaki belakang, telinga kiri dan kanan tumbuh secara simetris, begitu juga dengan mata kedua lobang hidung dan lainnya yang berpasangan.

Untuk anggota badan tunggal dapat dikatakan normal bila tumbuh dengan semestinya, misalkan punuk anak sapi ongole minimal tingginya sejajar dengan kepala, salah satu ciri pedet jantan yang baik adalah memiliki ekor melampaui lutut, dan untuk jantan lepas sapih ujung bulu ekor mencapai mata kaki belakang. Hubungan panjang ekor sangat erat dengan kesehatan ternak. Semakin panjang ekor sapi maka semakin luas jangkauannya untuk mengusir serangga yang merugikan terhadap perkembangan tubuh.

Saat membeli anak sapi usahakan bisa melihat kotorannya, dan Tanya detail tentang kotoran pedet tersebut di dalam kandang, seberapa banyak setiap pagi. Juga perhatikan caranya memakan hijauan makanan ternak, apakah memilih-milih hijauan atau tidak. Jika hal-hal yang disebutkan ini sudah anda perhatikan dengan baik dan terlihat normal maka anda sudah bisa memprediksi apakah pedet tersebut layak untuk dipelihara atau tidak.

Jika anda masih kurang memahami bebrapa hal di artikel ini silahkan tanyakan melalui komentar, dan bila anda memiliki informasi tambahan tentang cirri-ciri sapi yang baik dengan senang hati saya akan menerima informasi tersebut dan mencantumkannya di dalam blog peternakan ini.



Share this article :
Share on fb Tweet

No comments: